Mengapa Piring Melamin Tidak Bisa di Microwave?

by | Apr 4, 2015 | Perlengkapan Rumah Tangga | 0 comments

Mengapa piring melamin tidak bisa di microwave? ini sering menjadi pertanyaan, Glori Melamine akan membahas tuntas untuk pertanyaan penting ini. Alasan mengapa piring melamin tidak bisa di-microwave adalah karena gelombang panas microwave bisa menembus kebanyakan wadah dari bahan plastik dan memanaskan isi yang ada di dalamnya. Wadah melamin sebaliknya mempunyai karakter sebagai penyerap gelombang panas di dalam microwave.

Mengapa Piring Melamin Tidak Bisa Di-Microwave?

Alibi kenapa piring melamin tidak dapat diletakkan didalam microwave yaitu, sebab gelombang panas microwave dapat memanggang isi yang terdapat di dalamnya. Media melamin kebalikannya memiliki kepribadian sebagai penyerap gelombang panas yang ada di microwave. Kenapa Piring Melamin Tidak Dapat Di- Microwave?

Fibrasi gelombang bakal menimbulkan media melamine jadi panas. Gelombang dari microwave yang dimaksudkan buat memanggang santapan bakal terserap ke media melamin serta cuma mencadangkan sedikit saja tenaga buat memanggang santapan.

Jika penasaran Anda dapat mempraktekkan dengan gampang. Ambil saja suatu piring melamin serta maanfaatkan buat memanggang santapan. Santapan bakal jadi panas, tetapi piring melamin itu pula bakal jadi amat panas. Hati- hati buat memakai sarung tangan kala mengeluarkannya dari microwave.

Temperatur pada media melamin dapat jauh lebih besar dari temperatur santapan. Temperatur santapan tidak bakal melewati 100C, sebab diatas temperatur ini anasir air bakal mendidih serta mulai berganti jadi uap air. Lain perihalnya dengan media melamin. Terus menjadi lama dipanaskan temperatur bakal terus menjadi naik serta dapat menggapai titik 260C.

Hal inilah yang membuat kami untuk tidak dimenyarankan meletakkan barang melamin di microwave, meskipun melamin bisa masuk microwave. meskipun melamin tahan panas, tetapi kondisi panas yang berlebihan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Sebagai info tambahan Anda juga tidak disarankan memasukkan aluminium foil kedalam microwave.

Alasan lain mengapa Wadah Melamin TIDAK DISARANKAN untuk Microwave

Media melamin yang dipanaskan sangat lama di dalam microwave dapat rusak sebab sangat panas. Melamin merupakan materi thermoset yang sehabis diproses membuat sesuatu media tidak dapat dilelehkan kembali semacam plastik pada biasanya. Yang terjalin pertama- tama merupakan pemekaran dampak panas yang menyebabkan titik berat yang besar di pinggiran media. Pemekaran yang lebih besar pada pinggiran dibanding pemekaran pada bagian tengah media menimbulkan titik berat yang tidak balance. Perihal ini bakal membuat piring retak ataupun rusak pada temperatur khusus.

Baca Juga : IGI GLORI Melamine tingkatkan Pemasaran dengan Menggandeng Bukalapak

Berikut TIPS Membedakan Peralatan Makan & Minum Melamine PALSU dan ASLI :

Tidak diragukan lagi jika penggunaan perlengkapan khususnya dapur, dengan bahan melamin saat ini semakin diminati di manapun. Yang menjadi sebabnya tentu lebih ringan, praktiz, dan lebih banyak pilihannya. Beberapa produk melamine yang banyak dipasarin saat ini ialah seperti piring, mangkok, tutup gelas, sendok melamin, garpu melamin, gelas melamin hingga juga toples melaminpun bisa Anda dapatkan. Tentunya tidak hanya sebatas warna dan desain yang semakin hari makin terlihat menarik, tapi juga dilihat dari bentuknya yang kini semakin kreatif membuat produk melamin semakin booming peminatnya.

Namun apakah Anda tau, jika produk melamin yang beredar dipasaran belum tentu asli? Anda perlu berhati-hati memilih produk makanan jangan sampai memilih tempat makan, ditempat yang menggunakan peralatan yang tidak aman, resiko yang sangat fatal ini bisa merusak ginjal Anda, apalagi jika makan bersama keluarga.

Jadi, Anda perlu tau bagaimana sih membedakan produk melamin yang dan palsu? kali ini Glori Melamine akan membahas tips dan trik supaya Anda terhindar dari produk melamin palsu.

Cara Membedakan Produk Melamin Asli Dan Palsu

piring melamin microwave

  • Uji Rebus Alat Makan & Minum Melamin

Cara yang pertama, Anda perlu merebus piring bahan melamin selama kurang lebih 30 hingga 1 jam.  Setelah menunggu selama itu jika yang Anda gunakan tidak asli maka melamine palsu akan berubah bentuk dan akan meliuk, rapuh dan juga mencair. Bahkan uap yang tadinya untuk merebuspun dapat menyebabkan mata Anda perih, mual, batuk.

  • Bakar Peralatan Melamin

Uji bakar peralatan makan ini sangat sederhana. Coba Anda Bakar sedikit disisi piring melamin dengan api pada lilin selama 10-30 detik. Jika Anda mencium bau gas yang cukup menyengat, itu berarti piring yang digunakan tersebut tidak memenuhi syarat dikatakan Food Grade. Jika Anda membakar piring melamin yang asli, hanya akan mengakibatkan gosong, tanpa bau gas formaldehid.

  • Lihat Permukaan Alatnya

Jika Anda menggunakan yang asli maka permukaannya akan licin dan terlihat berkilau. Piring melamin yang palsu akan mudah ternoda oleh makanan ataupun bahan yang berwarna seperti air kopi ataupun teh, Jika yang palsu dalam waktu singkat akan berubah gelap. Beda dengan yang asli. AKan bertahan lama tanpa cepat kusam

  • Ukuran dan Beratnya

Cara terakhir yang paling sederhana Anda bisa membedakan secara fisik, piring melamin asli lebih berat dan tebal dibanding yang palsu. Peralatan melamin palsu lebih sebagai piring plastik. Jika sesama piring melamin asli dibenturkan, suara yang dihasilkannya tentu berbeda, akan bisa terdengar lebih tebal jika dibanding suara yang akan dihasilkan dari dua piring melamin palsu Jika Anda benturkan.

Penjelasan Bahan Melamin

Untuk Anda yang belum tentang apa itu melamin, bahan melamin adalah suatu jenis senyawa organik yang adalah dibuat dari urea, polimer sintesis, formaldehida. Kaohsiung Medical University di Taiwan pernah melakukan sebuh studi yang intinya kandungan melamin bisa diserap dengna aman oleh tubuh, jadi jangan ragu dengan bahaya melamin ya.