Produk Melamin - Blog

Resiko Melamin Pada Kesehatan

Melamin telah menjadi pilihan peralatan makan keluarga populer karena sifatnya tidak mudah pecah, kombinasi warna dan pola dengan desain yang ringan membuatnya ideal untuk kebutuhan dalam rumah tangga dan rumah makan.

Namun, kekhawatiran telah tumbuh beberapa tahun yang silam tentang keamanan piring melamin atau mangkok melamin untuk makanan; apakah zat yang disebut resin melamin-formaldehida digunakan dalam pembuatan produk melamin beresiko mencemari makanan.

 

Pemerintah telah mengambil langkah untuk melindungi konsumen melalui penerapan SNI terhadap produksi dan distribusi produk-produk melamin. SNI dengan kode 7322:2008 bersifat wajib sehingga siapapun secara hukum dilarang memproduksi dan memperdagangkan produk melamin tanpa sertifikasi SNI 7322:2008. Standard SNI yang khusus mengatur produk melamin ini telah diterapkan untuk memastikan piring melamin dan mangkok melamin yang beredar di pasaran Indonesia bebas dari kandungan formaldehida atau yang biasanya disebut formalin.

Masyarakat bisa dengan yakin membeli produk melamin dengan mengenali ciri2 produk melamin berstandard SNI. Perhatikan apakah ada grafir/ukiran SNI7322:2008 pada produk melamin yang dibeli. Biasanya logo SNI terukir dibelakang piring atau mangkok bersamaan dengan merek produk. Produsen ada kalanya menambahkan kata-kata FOOD GRADE MELAMINE untuk lebih meyakinkan masyarakat bahwa produk melamin yang dibeli dijamin aman sebagai wadah makanan.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan piring melamin dan mangkok melamin:

  • Penggunaan melamin untuk wadah makanan adalah aman dengan pengecualian jangan menggunakan melamin dalam microwave.
  • Pastikan pada piring melamin atau mangkok melamin terukir tulisan SNI7322:2008, bukan hanya Sticker SNI saja.
  • Jangan meninggalkan sisa makanan pada piring melamine atau mangkok melamine. Hal ini dapat menyebabkan permukaan wadah melamin menjadi cepat kotor. Cucilah segera setelah dipakai.
  • Jangan mencuci piring melamin atau mangkok melamine yang sudah kotor dengan obat2an kimia. Gantilah dengan produk melamin yang baru jika permukaan sudah terlalu kotor.

 

Dikutip dari berbagai sumber

free themes? 24x7themes is #1 for the best free wordpress themes

Related News