Kuliner Jakarta

6 Kuliner Murah Meriah di Jakarta yang Patut Dicoba

Jakarta, saat ini selain menjadi ibukota Indonesia juga sudah mulai menjadi salah satu pusat kuliner terlengkap, mulai dari makan khas berbagai daerah maupun makanan lokal yang wajib untuk dicoba. Berikut 6 kuliner murah meriah di Jakarta yang wajib Anda coba:

 

1. Nasi Goreng Kebon Sirih

Nasi Goreng Kebon Sirih

Lokasi utama yang terletak di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, memang selalu ramai oleh masyarakat yang ingin mengisi perut dengan pilihan makanan yang kaya akan rempah-rempah. Menu andalan dari tempat makan ini tentu nasi goreng kambingnya. Kentalnya bumbu dan variasi cita rasa menyatu dengan gurihnya potongan kambing. Jika biasanya masakan yang menggunakan kambing menimbulkan aroma atau rasa amis, maka di tempat ini anda tidak akan merasakannya sama sekali karena dimasak dengan bumbu dan proses yang tepat.
Dalam setiap suapan, bumbu dan rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, sereh dan lada sangat terasa. Minyak yang digunakan untuk menggoreng nasi bukanlah minyak goreng biasa, namun minyak samin. Inilah salah satu unsur yang membuat nasi goreng ini memiliki rasa yang berbeda dengan nasi goreng biasa. Buka dari pukul 5 sore hingga pukul 2 pagi, setiap hari, terjual lebih dari 200 porsi nasi goreng.

 

2. Seafood Santa 68
Seafood Santa 68
Meskipun udah banyak tempat makan makanan laut yang bagus dan mewah, tapi tetap saja terasa lebih nikmat makan seafood tenda, lengkap dengan suara berisik dari penggorengan dan asap-asap betebaran di udara dari bakaran ikan. Seafood 68 yang ada di Santa ini ada di sebelah kiri jalan, dekat dengan BCA Santa. Seafood pinggir jalan ini buka sampai larut malam. Menunya adalah kepiting, udang, kerang, cumi, yang semuanya bisa dimasak Saus Padang, Asam Manis, Goreng Mentega, Rebus, ataupun Goreng Tepung. Ada juga beberapa jenis ikan seperti ikan kue, ikan bawal, dan baronang, yang bisa dibakar atau digoreng tepung. Disini sangat terkenal dengan kepiting saus padangnya yang sangat pedas. Tetapi, bagi yang tidak menyukai pedas bisa diminta dikurangi tingkat kepedasannya.

 

3. Nasi Uduk Kebon Kacang
Nasi Uduk Kebon Kacang
Kalau di Jakarta, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa daerah Kebon Kacang adalah pusat berkumpulnya Nasi Uduk. Begitu banyaknya kedai Nasi Uduk di daerah Kebon Kacang, semuanya menjual konsep Nasi Uduk yang sama, yaitu Nasi Uduk khas Jakarta, dengan lauk ayam goreng dan teman-temannya. Tetapi yang paling terkenal dan mempunyai banyak cabang di mana-mana yaitu “Nasi Uduk Kebun Kacang” itu sendiri.

Dihidangkan dengan porsi nasi kecil-kecil yang dibungkus dengan daun pisang membuat orang yang menyantap akan nambah nasi sebanyak-banyaknya tanpa disadari. Nasi uduk nya sangat lembut dan wangi. Belum lagi dua sambalnya yang pedas yaitu sambal merah dan sambal kacang sangat nikmat ketika disantap dengan ayam goreng, empal, tahu tempe, dan yang lainnya. Tempat ini tidak pernah sepi untuk dikunjungi.

 

4. Soto Mie Sarodja Benhil
Soto Mie Sarodja Benhil
Soto mie adalah salah satu makanan khas Jakarta yang cukup legendaris. Pilihan menunya kali ini jatuh pada soto mie, salah satu tempat makan dengan menu ini berada di kawasan Bendungan Hilir, namanya warung Soto Mie Sarodja atau Seroja. Lokasinya persis di depan SD Bendungan Hilir di jalan Danau Tondano, Pejompongan Jakarta Pusat. Warung ini sebenarnya tidak terlalu besar, hanya diisi 3 meja sederhana dan gerobak pemilik warung soto mie Serodja. Bumbu yang dicampurkan dalam kuah soto dengan rempah-rempah yang sama yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit dan bumbu rempah lainnya. Untuk isinya ada mie, potongan risoles, sayur kol, daun bawang, tomat, kentang dan irisan tetelan daging sapi. Namun, Soto Mie ini ditambahkan perasan jeruk limo. Adapun kuah sotonya menggunakan kaldu sapi murni dari potongan daging tanpa lemak, sehingga kuahnya menjadi ringan dan segar. Dan yang membuat berbeda soto mie Sarodja ini menggunakan bakso di dalamnya. Tempat ini buka dari jam 8 pagi sampai 7 malam. Dengan harga 20.000 rupiah kita sudah mendapatkan porsi soto mie yang sangat besar dibanding porsi soto mie pada umumnya.

 

5. Bubur Cikini
Bubur Cikini
Jika Anda datang ke pelataran Pasar Hias Rias, Cikini, Jakarta Pusat, Anda bisa menyantap bubur dengan rasa yang berbeda. Di sebuah warung dengan dominan warna merah bertuliskan Nasi Uduk & Bubur Ayam Hias Rias, Anda bisa menemukan bubur dengan cita rasa yang cantik sekali.

Tidak ada kuah bumbu, taburan daun bawang, seledri, maupun kacang goreng. Bubur ayam di sini hanya berisi bubur, suwiran ayam, potongan cakwe, tongcai cincang dan emping sebagai pengganti kerupuk. Meskipun tampilannya tidak sesemarak bubur ayam biasanya, rasa bubur ayam Hias Rias ini sungguh di luar ekspektasi. Rasa buburnya saja berbeda dari bubur yang lain. Rasa bubur yang gurih dengan tekstur yang lembut berpadu dengan manisnya suwiran ayam, pedasnya sambal, dan rasa khas pahit gurih emping menjadikan cita rasa bubur ini sangat lezat. Belum lagi sate ampela dengan rasa gurih manis menambah santapan bubur ini semakin nikmat. Jika anda tidak menyukai satenya, anda dapat memesan martabak yang tidak kalah enaknya tepat disamping gerobak buburnya. Kebanyakan orang yang datang memang membeli keduanya untuk disantap secara bersama.

 

6. Mie Ayam Kriting Luwes “Bukan Mie Kriting Biasa”
Mie Ayam Kriting Luwes
Kalau anda tinggal di Jakarta, dan suka sekali dengan mie ayam, ini salah satu penjual mie gerobak yang sangat enak. Lokasinya berada di jalan Kendal Jakarta Pusat namanya Mie Keriting Luwes. Tempatnya memang sederhana dan tentu tanpa pendingin ruangan. Banyak yang datangs saat jam makan siang, sehingga penuh dan memang agak sedikit panas. Tapi demi semangkuk mie keriting luwes ini, banyak yang rela makan berpanas-panasan. Mie keriting luwes porsinya termasuk banyak, harganya juga tergolong cukup mahal untuk ukuran mie gerobak yaitu Rp.18.000,- untuk mie bakso, tetapi sebanding dengan rasanya. Mienya kenyal pas, enak dan gurih, ayamnya dipotong dadu kecil-kecil dan lumayan banyak. Pangsit gorengnya juga sangat renyah dan enak.

 

Sumber: http://sharingdisana.com/2014/06/14/6-kuliner-murah-meriah-yang-sangat-enak-di-jakarta-dan-patut-dicoba/

Related News