Pabrik Piring MELAMIN GLORI

Cara Membedakan Piring Melamin Asli dan Tiruan

Rate this post

Cara membedakan piring melamin asli, yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran. Tidak hanya piring, ada juga gelas, sendok, dan peralatan makan dan minum lainnya. Mungkin Anda juga memiliki salah satunya. Peralatan makan dan minum melamin ini banyak digemari masyarakat karena mempunyai kekuatan yang baik, disain yang menarik, ringan, dan tidak mudah pecah.

Ketahui Cara Membedakan Piring Melamin Asli

Peralatan makan dan minum melamin terbuat dari resin/plastik melamin formaldehid (piring melamin asli). Melamin formaldehid merupakan hasil reaksi antara melamin (triasin) dan formaldehid dengan perbandingan molekul tertentu. Namun, sering dijumpai peralatan makanan dan minum melamin yang relatif murah, yang sebenarnya terbuat dari urea – formaldehid atau disebut melamin tiruan. Secara fisik, peralatan makan dan minum melamin asli dan tiruan hampir sama, namun bila terkena makanan dan minuman panas, melamin tiruan lebih mudah melepaskan formaldehid.

Apa Bahaya Formaldehid dan Melamin?

Larutan formaldehid dikenal masyarakat sebagai formalin. Formaldehid digolongkan sebagai karsinogen kelas 1A yang berarti ditemukan cukup bukti pada manusia menyebabkan kanker saluran pernafasan (nasofaring) jika terhirup dalam jangka lama. Jika tertelan, formaldehid dapat menyebabkan rasa terbakar pada mulut serta tenggorokan dan kemungkinan dapat menyebabkan kanker lambung. Oleh karena itu, formaldehid juga digolongkan ke dalam karsinogen kelas 2A.

Melamin jika tertelan secara terus menerus dan melebihi batas asupan harian yang dapat ditoleransi, yaitu 0,2 mg/kg berat badan/hari, dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan keracunan pada ginjal. Formaldehid dan melamin dapat masuk ke dalam tubuh melalui peralatan makan dan minum melamin yang digunakan pada suhu tinggi atau untuk mewadahi pangan yang panas atau asam. Peralatan makan dan minum tersebut akan melepaskan melamin, uap formaldehid dan formaldehid yang berpindah ke dalam makanan.

baca juga : Jual Piring Melamin Harga Grosir di Glorimelamine.com

Bagaimana Cara Membedakan Piring Melamin Asli dan Melamin Tiruan?

  1. Peralatan makan dan minum melamin asli lebih mengkilap, sedangkan melamin tiruan agak kusam.
  2. Peralatan makan dan minum melamin asli lebih mahal dari melamin tiruan.
  3. Jika direbus, melamin tiruan akan melepaskan bau yang menyengat yang merupakan bau formalin.

Cara lain membedakan peralatan makan melamin asli dan palsu

Rebuslah piring melamin sepanjang 30 menit hingga 1 jam. Hasilnya, piring melamin ilegal bakal berganti wujud serta meliuk, apalagi lemah serta meleleh. Uap hasil rebusannya juga bisa menimbulkan mata melilit, batu berdahak, serta mual. Perihal ini tidak terjalin pada hasil rebusan piring melamin asli.

Percobaan bakar simpel. Bakarlah akhir piring melamin dengan api pada parafin sepanjang 20 detik. Bila terhirup bau gas formaldehid yang menusuk, maksudnya piring melamin itu tidak penuhi ketentuan Food Grade. Pembakaran yang dicoba pada piring melamin asli cuma bakal menyebabkan betok, tanpa bau formaldehid.

Dilihat dari ukuran, piring melamin asli lebih berat serta tebal( dibandingkan yang tiruan atau palsu). Piring melamin palsu memang lebih terkesan seperti piring plastik. Bila sesama piring melamin asli dibenturkan, suara yang dihasilkannya berlainan, bakal terdengar lebih tebal dibandingkan suara yang diperoleh dari 2 piring melamin ilegal yang dibenturkan.

Dataran piring melamin asli bakal licin serta gemerlap. Piring melamin ilegal gampang tercemar oleh santapan ataupun materi santapan yang bercorak( kopi ataupun teh), sampai rupanya bakal berganti lebih hitam dalam durasi yang pendek, dibandingkan piring melamin asli. Walaupun lama kelamaan bakal kumal, piring melamin asli lebih normal dibandingkan yang ilegal.

Tips Menggunakan Peralatan Makan dan Minum Melamin

  1. Pilih peralatan makan dan minum melamin yang mencantumkan petunjuk penggunaan, merek, dan nama produsen yang jelas, dan digunakan sesuai petunjuk penggunaan.
  2. Pilih peralatan yang mencantumkan logo SNI dan tara pangan.
  3. Jangan gunakan peralatan makan dan minum melamin yang rusak atau tergores atau yang permukaannya terkelupas.
  4. Jangan gunakan peralatan makan dan minum melamin untuk mengukus.
  5. Jangan gunakan dalam microwave atau oven.
  6. Jangan gunakan peralatan makan dan minum melamin untuk mewadahi makanan yang berair atau berasa asam, terlebih dalam keadaan panas.
  7. Jangan gunakan deterjen yang keras (abrasive detergent) dan sabut logam atau bahan kimia yang kuat untuk membersihkan peralatan makan dan minum melamin karena akan merusak permukaannya.

Itulah tips cara membedakan melamin asli dan palsu, pastikan Anda membeli produk piring melamin asli di Glori Melamine, pusat peralatan cafe, hotel, restoran terbaik di Indonesia. Dapatkan harga murah dengan langsung belanja di website kami.

Exit mobile version