Blog

Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum si Buah Hati, Simak Tipsnya

Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum si Buah Hati, Simak Tipsnya

Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum – Proses sterilisasi dan menyimpan pompa ASI, wadah penyimpan ASI, peralatan makan dan minum penting Anda kuasai. Anda harus hati-hati dalam melakukan sterilisasi.

Simak Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum si Buah Hati

Anda tak hanya harus memperhatikan kebersihan peralatan bayi, tetapi juga mencermati, bahan pembuat peralatan. Anda harus yakin material tidak rusak saat disterilisasi menggunakan panas. Ini membuat semua peralatan bayi jadi lebih awet!

Proses sterilisasi. Ada tiga cara mensteril peralatan makan dan minum bayi. Semua bisa Anda pilih sesuai kepraktisan dan kemudahan Anda menjangkau bahan-bahan untuk mendukung proses sterilisasi. Jenis cara mensteril: sterilisasi dingin (cold water), pemanasan menggunakan alat (steam) dan microwave.

Peralatan Makan untuk Bayi 6 bulan ke atas
Gambar : Set Peralatan Makan dan Minum Bayi produk Glori Melamine

Sterilisasi dingin.

Yang dibutuhkan selain alat steril berupa container untuk merendam dengan tutup yang tembus pandang, tablet pembersih anti bakteri dan kuman yang aman untuk alat makan dan minum (tersedia di pasaran dalam berbagai merek), dan tentu saja air. Anda harus mencuci semua peralatan yang akan disteril sesuai langkah-langkah mencuci (simak artikel: Tips Bayi: Membersihkan Peralatan Makan dan Minum).

Apa saja yang dibutuhkan Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum si buah hati ?

• Sikat botol dan sedotan

• Spons piring dan gelas bayi

• Peralatan sterilisasi

Yuk simak baik-baik Langkah-langkah Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum, sbb:

• Larutkan beberapa tablet steril ke dalam air (ikuti petunjuk pada kemasan tablet) lalu masukkan gelas, sendok, botol dan sebagainya.

• Rendam selama lebih kurang 30 menit (sekali lagi ikuti petunjuk pada kemasan tablet atau alat rendam steril dingin).

• Cara ini pada dasarnya aman untuk semua material pembuat alat makan dan minum bayi. Termasuk yang tidak mencantumkan suhu maksimum sterilisasi pada kemasannya.

Sterilisasi dengan pemanasan.

Berikut ini adalah dua cara yang termasuk ke dalam cara sterilisasi menggunakan panas:

1. Pemanasan menggunakan alat sterilisasi:

pastikan peralatan yang akan Anda steril sudah dicuci menggunaka sabun. Yang perlu Anda perhatikan pada alat sterilisasi adalah tray (rak) yang mengatur susunan alat yang hendak disteril. Ikuti petunjuk untuk menyusun sesuai dengan keperluannya. Misalnya, letakkan dot, material silicon pompa ASI, sedotan fleksibel, sendok-garpu dan botol sesuai dengan rak yang telah disediakan. Penggunaan yang tidak sesuai petunjuk bisa mengakibatkan manfaat dari proses sterilisasi kurang optimal. Waktu yang dibutuhkan: 4 – 9 menit.

Cermati material peralatan.

Hal lain yang harus Anda cermati saat mensteril dengan cara ini adalah mengecek semua benda bayi yang akan Anda masukkan ke dalam alat steril. Sebab, tidak semua material pembuat alat tahan panas. Baca seksama kemasan peralatan makan dan minum bayi. Juga cermati suhu maksimal yang disarankan.

Perawatan alat steril.

Yang tidak boleh Anda lewatkan juga adalah secara berkala alat sterilisasi panas ini harus Anda bersihkan. Bagian yang menghantarkan panas, 2 – 3 bulan sekali harus direndam dalam larutan backing soda (bisa dibeli di toko peralatan dan perlengkapan bayi). Ini akan menghindarkan alat yang sering terpapar uap air dari kerak yang dapat menghambat aliran energi panas yang menjadi pokok dari proses sterilisasi panas.

Baca Juga : Referensi Peralatan Makan dan Minum Bayi yang Sehat

2. Pemanasan menggunakan microwave:

sama dengan cara sebelumnya, semua peralatan harus dalam keadaan sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam microwave. Wadah untuk menampung peralatan biasanya dapat Anda beli di toko perlengkapan dan peralatan bayi. Anda hanya perlu memasukkan peralatan ke dalam wadah (ikuti petunjuk pemakaian sesuai yang tertera pada kemasan wadah penyimpan peralatan khusus sterilisasi menggunakan microwave). Waktu yang dibutuhkan: 4 – 9 menit.

Sterilisasi darurat.

Apabila Anda sulit membawa peralatan sterilisasi di atas saat bepergian, Anda juga dapat melakukannya dengan cara merebut peralatan. Yang Anda butuhkan, adalah panci dan kompor. Sama dengan proses sterilisasi lain, Anda harus mencuci semua peralatan hingga bersih menggunakan sikat dan sabun. Lalu rebuslah peralatan selama 10 menit. Keuntungan cara ini, Anda memang tak perlu repot membawa alat-alat, karena yang dibutuhkan hanyalah panci dan kompor.

Mudah rusak.

Tetapi kelemahan dari cara ini, peralatan yang rentan panas akan mudah rusak, sementara peralatan yang tahan panas dan mencantumkan data temperatur maksimum sterilisasi akan melunak, sejalan dengan semakin seringnya Anda mensteril alat-alat dengan cara ini. Anda harus sangat cermat mengecek dot, botol dan lain-lain jika memutuskan merebus sebagai cara mensterilisasi. Paling tidak 2 – 3 bulan sekali, peralatan berbahan lentur, seperti dot harus Anda ganti dengan yang baru.

Setelah proses Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum selesai, Anda harus menyimpan peralatan bayi secara cermat!

Perhatian !

Buat bunda dirumah, kiranya selalu menggunakan Peralatan Makan dan Minum Bayi yang aman digunakan serta disarankan menggunakan Alat Makan yang sehat, tidak mudah pecah untuk menghindari sesuatu hal yang bunda tidak inginkan buat si buah hati.

Temukan set alat makan bayi yang aman dan sehat disini.

Sekian share tentang Tips Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum untuk keperluan kesehatan bayi bunda, semoga artikel ini bermanfaat sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dirumah.

Sumber : AyahBunda Image : mom.me & blog.cincinnatichildrens.org

Save

Save

Save

Save

Save

Save

SOP Restaurant

12 SOP Restaurant ini sangat Berperan Penting dalam Kesuksesan Jalannnya Operasional suatu Restaurant

SOP Restaurant –  SOP sangat berperan penting dalam kesuksesan jalannnya operasional suatu restaurant.

Berikut ini adalah SOP Restaurant / pelayanan makanan oleh waiter/waitress:

  1. Menyambut dengan cara memberi salam sesuai dengan waktu serta menanyakan kabar dari tamu yang akan datang ke restaurant. Berikut adalah kalimat yang digunakan oleh waiter/waitress The Gangsa Restoranrestaurant pada saat menyambut tamu adalah “Good morning/afternoon/evening sir/madam, how are you today?”
  2. Mengantarkan tamu menuju tempat duduk yang diinginkan dan membantu menarik kursi ketika tamu akan duduk.
  3. Menyerahkan daftar menu dari sebelah kanan tamu dengan tamu  wanita terlebih dahulu.
  4. Sambil memberikan waktu kepada tamu dalam menentukan makanan serta minuman yang akan dipesan, waiter/waitress menyiapkan captain order, dalam hal ini waiter/waitress dapat melakukan taking order untuk mengetahui jenis minuman yang akan di pesan terlebih dahulu sebelum tamu menentukan pilihan makanan yang akan mereka pesan.
  5. Mencatat pesanan tamu pada captain order yang dibuat rangkap 3 (tiga) yang mana setiap lembarnya diberikan kepada cashier, bar, dan kitchen.
  6. Mengulang kembali pesanan untuk menghindari kesalahan.
  7. Membawa captain order ke bar dan kitchen.
  8. Sambil menunggu pesanan tamu siap dihidangkan, waiter/waitress melakukan set up cutleries pada meja tamu.
  9. Menyajikan makanan yang telah dipesan sesuai dengan urutan makanan (appetizer, soup, main course dan dessert) dari sebelah kanan tamu.
  10. Menanyakan kepada tamu apakah mereka sudah selesai menyantap makanan dan minuman sehingga waiter/waitress dapat mengangkat piring dan gelas kotor (clear up all restaurant equipment on the table).
  11. Melakukan crumbing down serta mengangkat salt & pepper.
  12. Menyerahkan bill, sambil menanyakan kepada tamu tentang rasa dari makanan dan minuman yang telah mereka nikmati serta menanyakan sesuatu yang dikeluhkan.

Baca Juga : Jika Anda hobi makan di luar, sebaiknya pilihlah tempat makan atau restoran yang bersih dan higienis

Kesuksesan Jalannnya Operasional suatu Restaurant

Tindak lanjut pelayanan setelah interaksi adalah pelaksanaan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan tamu sesuai permintaan atau pemesanan. Dalam melaksanakan pelayanan ini, seluruh kesepakatan dengan tamu harus dapat terealisasikan berdasarkan ketentuan dan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Membantu menarikkan kursi pada saat tamu akan meninggalkan restaurant serta mengucapkan terima kasih atas kedatangannya.

Promo Terbaru April 2017

Promo Terbaru April 2017, Belanja Hemat Diskon sampai 80% - Glori Melamine

Promo Terbaru April 2017, Belanja Hemat Diskon sampai 80% – Glori Melamine kali ini pertama kalinya menghadirkan promo terbaru yakni diskon produk sampai 80% ( produk-produk tertentu), selain itu adanya fasilitas Pengiriman Gratis bagi pelanggan dengan minimal transaksi sebesar Rp.2.000.000,- ( 2 juta rupiah).

Promo Terbaru April 2017, Belanja Hemat Diskon sampai 80%

Temukan Promo Terbaru Hari Ini ! Untuk Keperluan Rumah Tangga maupun bisnis anda di Glorimelamine.com – Temukan berbagai promo terbaru hanya dari Glori Melamine untuk anda. Promo termasuk voucher, diskon, gift sebagai reward buat kustomer belanja hemat Glorimelamine.com.

Promo Diskon tersebut adalah promo diskon dengan potongan diskon sampai 80% untuk masing-masing produk tertentu di website glorimelamine.com . Promo tersebut di antaranya adalah Promo produk alat-alat makan dan minum antara lain : Piring Makan melamin, Sendok Makan melamin, Mangkok Makan melamin, nampan atau baki roti melamin, tempat daging shabu-shabu melamin, peralatan minum cangkir melamin, gelas minum melamin, tempat alat cuci tangan “kobokan” dan sebagainya.

Berbagai macam promo yang sudah kami sebutkan diatas bisa mulai anda dan sekeluarga nikmati mulai tanggal 1 April hingga 31 April 2017.

Update Promo Terbaru mulai bulan April dari Glorimelamine.com

Pertama, Diskon Upto 80%

Belanja Hemat Diskon Upto 80%, Promo Terbaru April 2017 misalnya :

  1. Piring Ceper Segi Empat 9 Inch Kuning Premium Diskon 49%

  2. Mangkok Ukir 6 Inch Ungu Premium Diskon 67%

  3. Mangkok Ukir 6 Inch Kuning Premium Diskon 67%

dan masih banyak lagi, kunjungi Glorimelamine.com Sekarang ! tempat belanja hemat Keluarga Indonesia.

Kedua, Fasilitas FREE ONGKIR *

Mulai bulan April 2017, customer khusus wilayah area Jakarta mendapatkan layanan Biaya Pengiriman Gratis dengan minimal transaksi sebesar 2Juta Rupiah, dimana cara menggunakan layanan ini anda cukup memilih metode pengiriman Local Pickup yang ada di halaman pembayaran, kemudian silahkan melakukan konfirmasi ke customer service kami agar pesanan anda dikirim oleh Kurir Glori Melamine.

Beberapa Produk Promo Terbaru (perhatikan gambar dibawah)

Promo Terbaru April 2017

Belanja Produk Promo Terbaru April 2017 di Glorimelamine.com Saja !

Glorimelamine.com merupakan bagian dari salah satu e-commerce terbesar PT Multi Anugrah Sukses. Glori Melamine adalah brand produk food grade melamine yang beroperasi dai daerah Jakarta Barat. Glorimelamine.com selalu berusaha memberi kenyamanan dan kemudahan untuk para customer dengan berbagai metode pembayaran. Glorimelamine.com menyediakan beragam produk dengan kualitas yang aman dan terpercaya. Selain itu, Anda dapat menikmati promo Glori Melamine, diskon Glori Melamine dan voucher Glori Melamine yang bisa  ditemukan pada laman Glorimelamine.com.

Mengapa harus ber-belanja Glori Melamine?

1. Kenyamanan dan kemudahan Bertransaksi

Anda dapat melakukan pembayaran dari bank manapun dalam waktu 1×24 jam setelah pembelian. Jika Anda tidak melakukan pembayaran dalam waktu 1×24 jam, pembelian akan dibatalkan secara otomatis. Anda pun akan mendapatkan notifikasi melalui email perihal pembayaran tersebut. Anda dapat melakukan pembayaran ke virtual account, sehingga proses pembayaran akan menjadi lebih cepat. Lakukan transaksi menggunakan kartu kredit mempermudah dengan kartu Visa/Master/JCB. Jika ada promo khusus, baca syarat dan ketentuan berlaku.

2. Tujuan Belanja Utama

Glorimelamine.com menyediakan ratusan ribu produk mulai dari menyediakan ratusan produk yang Anda butuhkan mulai dari Peralatan Makan dan Minum bahkan Perlengkapan Kebutuhan Rumah Tangga yang terbuat dari bahan Food Grade Melamine misalnya Piring Makan Melamine, Sendok Makan Melamine, Mangkuk Melamin,Gelas maupun Cangkir Melamin, Nampan Melamin,Asbak Melamin,dsb. Segala kebutuhan Anda dapat terpenuhi dengan Glorimelamine.com.

3. Belanja Murah dan Nyaman

Glorimelamine memberikan kejutan menarik setiap harinya dengan penawaran voucher, promo, dan diskon. Hanya dengan daftar dan menjadi member Glorimelamine, Anda akan mendapatkan informasi berbagai voucher Glorimelamine, diskon Glorimelamine dan promo Glorimelamine yang dapat Anda nikmati. Promo Glorimelamine tersedia tidak hanya pada season tertentu, sehingga para customer dapat menikmati promo Glorimelamine setiap hari hanya dengan melihat promo apa yang sedang berlaku pada laman Glorimelamine.

Sementara untuk diskon Glorimelamine, lebih sering tersedia ketika momen-momen penting seperti Tahun Baru, Hari Raya Imlek, Valentine’s Day, Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, Hari Ibu, dan lain-lain. Untuk voucher Glorimelamine dapat Anda nikmati setiap hari dengan melihat produk apa yang saat itu dapat digunakan dengan voucher Glorimelamine. Selain itu, Glorimelamine juga memberikan fasilitas pengiriman ke seluruh wilayah indonesia untuk pembelian barang .

4. Menyajikan kejutan Voucher, Promo dan Diskon Setiap Hari

Glorimelamine tidak hanya memberikan produk dengan kualitas terbaik, namun juga dengan harga terbaik. Berbelanja di Glorimelamine, Anda dapat menikmati macam-macam voucher Glorimelamine. Selain dalam beberapa season tertentu, Glorimelamine mengadakan promo Gajian, promo Lazada Harbolnas, promo Glorimelamine Anniversary, Glorimelamine Promo Online Revolution, dan masih banyak lagi. Glorimelamine selalu memberikan kejutan untuk para customer dengan menyediakan promo Glorimelamine, diskon Glorimelamine dan voucher Glorimelamine yang bisa Anda nikmati.

Save

Save

Save

Jika Anda hobi makan di luar, sebaiknya pilihlah tempat makan atau restoran yang bersih dan higienis

Jika Anda hobi makan di luar, sebaiknya pilihlah tempat makan atau restoran yang bersih dan higienis

Jika Anda hobi makan di luar, sebaiknya pilihlah tempat makan atau restoran yang bersih dan higienis. Bersih tidak hanya sebatas pada lokasi dan penyajian hidangannya, melainkan juga peralatan makan yang digunakan.

pilihlah tempat makan atau restoran yang bersih dan higienis

Bukan tidak mungkin, peralatan makan yang kurang bersih dan higienis juga menjadi sumber penyebaran penyakit. Penelitian terbaru di  Amerika Serikat mengindikasikan, piring dan alat makan di restoran yang tidak dicuci dengan baik dapat menjadi media perkembangan bakteri dan virus penyebab penyakit.  Riset para ahli dari Ohio State University menunjukkan, metode cuci peralatan makan yang digunakan oleh sebagian besar restoran di AS tidak dapat secara signifikan mengurangi kontaminasi norovirus, salah satu  penyebab keracunan akibat makanan (foodborne illnesses).

Menurut Riset

Riset yang diterbitkan jurnal PLoS One itu meneliti metode pembersihan pada piring keramik, gelas minum, dan garpu stainless steel di restoran. Para peneliti menemukan, bekas krim keju dan susu pada permukaan peralatan makan adalah bahan yang sulit untuk dihilangkan.

Krim keju dan susu dapat dengan mudah terkontaminasi norovirus, serta bakteri Escherichia coli K-12 dan Listeria innocua, dua strain bakteri yang juga menyebabkan penyakit pencernaan akibat makanan.

Baca Juga : Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi

Menurut para peneliti, kontaminasi patogen pada makanan siap saji yang berasal dari peralatan makan merupakan faktor penting penyebab foodborne illnesses. Untuk mencegah ini, tentu restoran dan perusahaan makanan perlu melakukan suatu metode pencucian yang dapat mengurangi mikroba dengan signifikan.

Sehat, Bersih dan Higenis

Peneliti menyarankan, sebuah restoran minimal harus melakukan pencucian dengan tangan dan mesin cuci piring menggunakan air keran, natrium hipoklorit, dan surfaktan. Selain itu jumlah yang bahan pembersih yang digunakan juga harus sebanding dengan peralatan makan yang dicuci.

Dengan usaha itu pun, menurut para peneliti, restoran hanya bisa menghilangkan bakteri E.coli dan Listeria saja, sedangkan norovirus jumlahnya masih cukup banyak pada peralatan makan yang sudah dicuci. Jika dibandingkan mencuci dengan tangan, mencuci dengan mesin ternyata dapat lebih baik menghilangkan mikroba, meskipun demikian, norovirus masih belum dapat sepenuhnya hilang. Norovirus memang dapat bertahan lebih lama dari bahan perbersih dibandingkan E.coli dan Listeria.

Norovirus adalah penyebab penyakit gastroenteritis yang paling umum dan penyebab utama keracunan makanan di Amerika Serikat. Norovirus menjadi penyebab setengah kasus gastroenteritis di seluruh dunia.

Sumber : Kompas.com

Semoga Bermanfaat 🙂

 

Promo Baby Set Diskon 25% Glori Melamine

Hello Bunda di Rumah, Berikut Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi

Bagi seorang ibu, kebutuhan anak adalah hal yang nomor satu. Artinya, apapun yang diberikan kepada buah hati pasti menjadi hal yang utama salah satunya dalam hal kebersihan. Terutama saat anak masih berusia kurang dari 12 bulan, kebersihan alat alat yang digunakan sangat perlu diperhatikan. Hal ini menjadi hal utama yang harus dipelajari oleh seorang ibu. Jadi, bagaimana langkah langkahnya? Agar tak bingung, mari lihat tips membersihkan peralatan makan bayi dan mensterilkan peralatan makan dan minum si buah hati dengan baik

Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi

1. Bilas dan bersihkan dengan air mengalir

Setelah pemakaian, cuci bersih dibawah air mengalir. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk membuang sisa makanan atau minuman di dalam peralatan makan dan minum. Cuci bersih hingga tidak tersisa bau.

2. Rendam peralatan di air hangat

Untuk membantu sterilisasi peralatan makan dan minum milik bayi, rendam peralatan pada air hangat kurang lebih 10-15 menit. Air hangat membantu membunuh kuman yang masih tersisa terutama pada peralatan dengan bahan dasar plastic. Setelah selesai direndam, maka langsung keringkan dengan lap atau dengan tisu.
Untuk peralatan yang dilengkapi dengan tutup nya, jangan menyimpan dalam keadaan tertutup karena jika saat disimpan dalam keadaan tertutup masih lembab, justru akan menimbulkan tumbuhnya jamur dan bau yang kurang sedap dan susah untuk dibersihkan.

3. Letakkan pada baskom yang tidak digunakan untuk kegiatan lain

Simpan pada wadah atau baskom yang memang dikhususkan untuk menyimpan peralatan makan dan minum milik sang bayi. Pastikan bahwa wadah tersebut tidak digunakan untuk menyimpan peralatan yang lain atau digunakan untuk kegiatan yang lain.
Letakkan wadah tersebut pada tempat yang terjangkau dan juga pastinya pastikan area sekitar bersih. Hal ini untuk memastikan bahwa saat disimpan, peralatan makan dan minum bayi tetap steril sebelum digunakan kembali.

Baca Juga : 3 Hal Penting yang Perlu Kamu tahu tentang Kualitas Menu Masakan

4. Sebelum dipakai, bilas sedikit dengan air galon

Sebelum digunakan, hendaknya bilas dengan air minum atau ai gallon yang digunakan, bukan menggunakan air keran. Hal ini untuk membersihkan bakteri yang ada selama disimpan.

Jika tidak ingin menggunakan cara tradisional dan ingin lebih praktis, sekarang ini sudah banyak yang menjual peralatan yang khusus digunakan untuk mensterilisasi peralatan makan dan minum. Sterilisasi nya pun beragam ada yang sterilisasi dingin dan ada juga yang sterilisasi panas. Untuk sterilisasi dingin, dibutuhkan waktu untuk merendam kurang lebih 30 menit.

Jika dalam waktu terdesak, atau buru buru manfaatkan microwave yang ada di rumah untuk membantu mensterilkan peralatan makan bayi. Sebelum dipanaskan, pastikan anda memiliki wadah nya yang dapat dibeli di pasaran. Panaskan pada microwave kurang lebih 4-9 menit lamanya. Jika pada kemasan peralatan terdapat petunjuk peraturan, maka disarankan ikuti petunjuk nya.

Sumber : bayimu.com

Semoga bermanfaat ya bun 🙂