Blog, Tips Perawatan Peralatan Dapur

3 Tips Membersihkan Kabinet Dapur Berbahan Melamin

3 Tips Membersihkan Kabinet Dapur Berbahan Melamin

Tips Membersihkan Kabinet Dapur Berbahan Melamin, Kabinet dapur berbahan melamin kini semakin banyak digunakan para ibu rumah tangga. Selain tahan lama, peralatan dari melamin umumnya mudah dibersihkan dengan catatan Anda rajin membersihkannya dengan menggunakan cara yang benar.

Berikut 3 Tips Membersihkan Kabinet Dapur Berbahan Melamin

Jika kabinet melamin Anda sudah terlihat berdebu, kotor dan terasa licin karena noda minyak saat memasak, berikut ini ada cara-cara efektif bersihkan kabinet melamin yang bisa Anda coba di rumah.

1. Bersihkan Debu Terlebih Dahulu

Ambil kain lap bersih maupun kemoceng untuk menyingkirkan semua debu yang ada di kabinet melamin Anda. Lakukan hal ini mulai dari bagian atas kabinet hingga ke bawah sehingga debu dapat dibersihkan secara maksimal.

2. Gunakan Cairan Pembersih

Bagi Anda yang suka hal praktis, Anda bisa memakai cairan pembersih serbaguna untuk membersihkan bagian luar dan dalam kabinet. Namun, karena kabinet biasanya digunakan untuk menyimpan peralatan masak dan makan serta bumbu-bumbu dapur, alangkah baiknya menggunakan pembersih yang lebih aman.

BACA JUGA : Tips Mencuci Peralatan Makan & Minum Berbahan Melamin

Cukup dengan air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring cair. Anda bisa menggunakan Sunlight Jeruk Nipis, selain untuk membersihkan kotoran juga untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kabinet tersebut. Letakkan kedua bahan di botol spray lalu semprotkan ke seluruh permukaan kabinet. Tunggu selama kira-kira 5 menit, lalu gunakan kain lap berbahan halus atau spons kering untuk membersihkan kabinet.

3. Bersihkan Sisa Cairan Pembersih

Jika kabinet melamin Anda sudah terlihat bersih bebas noda, kini saatnya untuk menghilangkan sisa sabun dari cairan pembersih yang Anda gunakan tadi sekaligus menghilangkan bau tak sedap yang mungkin masih ada. Caranya, basahi spons dengan air biasa lalu lap seluruh bagian kabinet. Ulangi beberapa kali bila perlu hingga tidak ada sisa sabun tersisa yang ditandai dengan permukaan kabinet melamin yang tidak lagi terasa lengket. Anda juga bisa menggunakan air bersih lalu semprotkan ke bagian kabinet dan kemudian lap dengan kain kering hingga bersih.

Jika kabinet melamin Anda sudah bersih, Anda masih harus tetap membersihkannya secara regular untuk memastikan kebersihannya tetap terjaga. Kabinet Anda akan lebih tahan lama, terlihat menarik dan semakin fungsional dan aman untuk menyimpan peralatan dapur.

Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *