3 Macam Ciri Khas Penyajian Makanan & Minuman di Restoran

3 Macam Karakter Penyajian Makanan Minuman di Restoran

Mengapa penyajian Makanan itu penting? Karena penyajian adalah bukti seberapa serius Anda melayani pelanggan yang makan di tempat Anda. Karena itulah, penyajian juga jadi kunci utama kesuksesan sebuah restoran. Nah, jika Anda sedang berbisnis restoran ada baiknya Anda membaca beberapa hal yang perlu dilakukan ketika makanan disajikan untuk pelanggan Anda.

Para Pelayan Restoran dalam menyajikan pesanan ke meja tamu sangat perlu diperhatikan karena bisa sangat mempengaruhi citra layanan sebuah restoran. Meski menu yang disajikan tampak mengundang selera, juga dengan rasa yang lezat, tapi jika cara menyajikannya tidak sopan misalnya, maka menu yang lezat boleh jadi tidak akan lagi enak dimakan atau bahkan tidak jadi dimakan sama sekali oleh tamu. Kenapa? karena unsur dari sebuah kepuasan tidak hanya dari lezatnya masakan, tapi melainkan Pelayanan yang diberikan sebuah restoran.

Berikut 3 Macam Karakter Penyajian makanan dan minuman sebagai berikut ;

1.Buffet style

Buffet Style dalam istilah umumnya prasmanan.
Anda bebas memilih dan mengambil makanan yang tersedia di meja prasmanan.
Umumnya, tamu undangan akan makan sambil berdiri.
Karena makanya sambil berdiri, biasanya penggunaan alat makan juga lebih sederhana, bisa jadi cukup menggunakan sendok saja. Justru agak sulit jika Anda menggunakan peralatan makan lengkap, seperti pisau atau garpu jika makan berdiri.

Dalam jamuan ala Prasmanan, Anda boleh saja memulai makan dengan makanan penutup seperti buah, lalu kembali lagi ke buffet untuk mengambil makanan utama atau Appetizer.

2.Ala Carte

Ciri khas utama dalam penyajian Ala carte adalah Price per Dish dimana terdapat harga dari setiap menu yang di pesan, biasanya ditemukan di Restoran Sushi dan sebagainya. Selain itu, karakter ala carte yang lebih menonjol adalah makanan akan dimasak setelah di lakukan pemesanan terlebih dahulu dengan kasir. Kemudian porsi makanan yang dipesan cukup besar, sehingga tidak perlu memesan lebih banyak kecuali bersama keluarga.

Penggunaan alat makan juga praktis, karena tak banyak menu yang disajikan. Semakin banyak menu semakin bervariasi alat makan yang disediakan.

3. Table D’hote

Table D’hote atau set menu terdiri dari 4-6 menu, disajikan berurutan dengan jeda waktu tertentu. Dengan konsep Table D’Hote , anda tidak bisa memilih makanan atau hanya mengkonsumsi makanan yg dihidangkan.

Set menu lengkap terdiri atas appetizer, soup, entree, sorbet, main course, dessert, dan ditutup dengan coffee & tea. Atau secara umum, set menu juga bisa saja hanya terdiri atas makanan pembuka, sup, hidangan utama, makanan penutup, dan kopi atau teh.

Biasanya ciri paling mudah dikenali dari penyajian table d’hote (set menu) ini adalah meja Anda sudah disediakan peralatan makan lengkap yang tertata rapi, dengan serbet dan sebuah menu yang bertuliskan makanan yang akan dihidangkan dalam jamuan makan set menu tersebut.

 

Salah satu bisnis yang senantiasa menjanjikan dan mendatangkan income pendapatan yang baik adalah bisnis restoran. Bagaimana tidak, bisnis ini menyajikan kebutuhan primer manusia yang setiap hari pasti diburu. Karena itulah, kian hari angka bisnis restoran makin melonjak. Tapi, dalam berbisnis restoran ini ada juga hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah penyajian makanan dan minuman yang profesional.

Semoga Bermanfaat !

Promo Spesial April Glori Melamine 2019

Tinggalkan Balasan

1
Hello, Selamat Datang di Glorimelamine.com,
Ada yang bisa kami bantu ?
Yuk lanjut di chating aja biar cepat...
Powered by