5 Tips Estetika Menghidangkan Makanan dan Alat Saji

5 Tips Estetika Menghidangkan Makanan dan Alat Saji

Estetika Menghidangkan Makanan dan Alat Saji – Di dunia ini kita diberikan anugerah untuk dapat menikmati keindahan pada berbagai hal, termasuk dalam hal yang berkaitan dengan makanan. Keindahan atau estetika dalam makanan yang mencakup cara penyajian hingga alat saji yang digunakan memang menarik bagi banyak orang, terlebih lagi ada bidang keilmuan yang khusus mempelajarinya seperti tata boga. Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih mendalam mengenai estetika penghidangan makanan dan alat saji.

Berikut 5 Tips Estetika Menghidangkan Makanan dan Alat Saji

1. Kesan Pertama Selalu Menentukan

Meskipun ada istilah don’t judge a book by its cover, kita tentu tak bisa menyangkal kalau kesan pertama selalu menentukan. Ketika di awal, yang dapat kita andalkan dalam menilai sesuatu adalah aspek penglihatan karena keterbatasan sebagai manusia. Jadi tak ayal jika kesan pertama berperan penting dalam pembentukan pandangan terhadap sesuatu.

Hal ini berlaku juga pada makanan, dimana tampilan dan penyajian yang dilakukan sangat menentukan. Orang lebih mudah tertarik dengan makanan yang disajikan dengan baik dan indah dibanding yang tidak, terlepas dari bagaimana rasa setelah dicicipi nanti. Selain itu, penyajian makanan yang baik memiliki nilai keindahan yang bisa dikategorikan sebagai seni yang patut untuk dihargai dan diberi apresiasi.

BACA JUGA : Pentingnya Memilih Perabotan Rumah Tangga dengan Tepat

2. Hal Mendasar yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyajian Makanan

Memang ada pendidikan formal yang khusus untuk mempelajari penyajian makanan, namun setidaknya kita memahami hal mendasar yang penting dalam prakteknya. Yang pertama adalah penyajian makanan harus menggunakan alat saji yang bersih dan disajikan dalam tempat terpisah untuk tiap makanan. Hal ini supaya makanan tidak tercampur rasanya dan tidak mudah basi sehingga dapat lebih awet.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menghidangkan makanan sesegera mungkin setelah sudah matang, terutama makanan panas. Misalnya saja seperti sup atau gulai, yang tidak akan sama rasanya jika baru dihidangkan saat sudah dingin. Menyajikan makanan segera setelah matang juga membuat penikmat makanan lebih merasakan esensi dari makanan yang disajikan.

3. Bukan Cuma Restoran, Rumah Juga Perlu Penyajian Makanan yang Baik

Keindahan ada pada berbagai tempat dan keadaan, termasuk juga di rumah kesayangan Anda. Jadi singkirkan pikiran bahwa menyajikan makanan yang baik dan indah hanya pantas untuk dilakukan di restoran, karena rumah Anda pun merupakan tempat yang sangat tepat untuk mempraktekkannya. Menyajikan makanan dengan baik, meski tidak perlu mengikuti standar restoran, akan membuat suasana makan keluarga lebih bermakna. Anda juga bisa melakukan penyajian makanan yang indah dan unik untuk menarik hati anak yang kerap mengalami kesulitan untuk disuruh makan.

4. Alat Saji yang Wajib Ada di Rumah

Penghidangan makanan tentu tak terlepas dari keberadaan alat saji sebagai peralatan untuk menyajikan makanan Anda. Ada banyak jenis dan ragam alat saji yang dapat digunakan, mulai dari yang dibedakan dari bahan pembuatan hingga fungsi penggunaannya. Untuk pemakaian alat saji di rumah sebenarnya jauh lebih sederhana dibanding yang digunakan di restoran atau hotel.

Beberapa alat saji yang wajib ada di rumah Anda adalah piring dan mangkuk sebagai wadah makanan, sendok dan garpu untuk menyantap makanan, serta gelas untuk minum. Alat saji itu dapat digunakan untuk keseharian keluarga, dan akan berbeda lagi jika Anda menyuguhkan hidangan untuk tamu. Anda akan membutuhkan minimal cangkir untuk menyuguhkan teh atau kopi dan piring yang tampak lebih indah untuk menyuguhkan penganan.

Jika skalanya lebih besar lagi, seperti acara resmi keluarga atau jamuan makan malam, Anda membutuhkan alat saji yang tampak lebih indah dan berkelas. Anda bisa menggunakan peralatan saji berjenis Chinaware yang terbuat dari keramik, porselin, atau tembikar, atau menggunakan peralatan makan dan minum melamine ware yang terbuat dari bahan melamin misalnya, piring makan melamin, piring sushi, mangkok sup, mangkok nasi ulir, mangkok miso, sendok bubur oriental, nampan atau talenan sehingga terlihat lebih elegan. Alat saji berjenis Silverware juga bisa menjadi pilihan, karena terbuat dari bahan perak atau stainless steel yang cocok digunakan untuk acara yang diselenggarakan di rumah.

5. Trend Alat Saji Terkini

Terobosan terbaru dalam alat saji memang seolah tiada habisnya, karena selalu saja ada barang baru yang menarik hati dan langsung melejit di pasaran. Untuk saat ini sendiri, alat saji yang mengusung tema alami, natural, dan corak etnik menjadi perhatian banyak orang. Hal ini karena ramainya penggalakan back to nature dan culture based yang muncul dimana-mana, sehingga turut mempengaruhi konsep alat saji terkini.

Trend terkini juga bisa dilihat dari segi warna pada alat saji, yang mana lebih banyak menawarkan ragam warna di beragam jenis peralatanya. Jika dulu Anda mungkin sering mendapati peralatan makan yang memiliki warna seragam pada semua bentuknya, kini hal tersebut mulai ditinggalkan. Orang lebih memilih bentuk dan jenis alat saji yang memiliki warna beragam namun tetap indah dan sejuk dipandang mata. Warna yang dipilih juga banyak yang bersifat calm dan polos tanpa perlu banyak motif sehingga tampak lebih cantik namun tetap elegan. Anda tentu tidak mau ketinggalan trend terbaru ini, bukan?

BACA JUGA : Tips Cara Mencuci Piring Melamin, Gelas & Cangkir Melamin, Sendok maupun Nampan Melami

Demikianlah pembahasan mengenai estetika menghidangkan makanan dan alat saji yang penting untuk diketahui. Mempraktekan penghidangan makanan menggunakan alat saji yang tepat tentunya merupakan bentuk dari apresiasi terhadap seni dan keindahan di bidang kuliner.

Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda!

Sumber : Fancyfurni.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *