Makanan Tempura, Menu Gorengan Masakan khas Jepang yang Perlu dicoba

Makanan Tempura cocok dimakan dengan Soba atau Udon, dan juga Nasi!

Makanan Tempura menarik bukan hanya kerenyahannya setelah digoreng saja, tetapi karena Tempura dapat dinikmati dengan beragam cara. Ada banyak cara makan Tempura, contohnya dimakan bersama Soba Jepang atau Udon, atau dinikmati di atas nasi dan diberi kecap manis sebagai Tendon.

Makanan TEMPURA dikenal dengan Gorengan Makanan Laut dan Sayuran!

Makanan Jepang yang Sepopuler Sushi

Makanan Jepang yang juga terkenal diluar negeri seperti Sushi yaitu Tempura. Makanan Tempura adalah makanan yang terkenal dan populer yang masuk dalam ranking atas makanan Jepang terfavorit berdasarkan hasil angket wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang.

Dari Restoran Mahal Jepang sampai dengan Masakan Rumahan!

Makanan Tempura adalah masakan yang dibuat dari aneka macam ikan atau sayuran yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur lalu digoreng dengan minyak sayur. Banyak restoran mahal yang biasanya menyajikan Tempura renyah yang baru matang secara sederhana hanya dengan bumbu garam.

Umumnya, Tempura dimakan dengan bumbu kecap tempura yang dicampur dengan sedikit arak dan kaldu ikan ditambah dengan lobak tumbuk atau jahe tumbuk. Mungkin ada gambaran bahwa Tempura = makanan di restoran mahal, tetapi di Jepang Tempura juga merupakan makanan rakyat karena sering dibuat sebagai makanan harian rumah tangga, dan bahkan bisa juga dibeli di supermarket di bagian masakan jadi.

BACA JUGA : Resep Membuat Mie Soba Makanan Tradisional Khas Jepang

Sangat Recommended dimakan dengan Soba atau Udon, dan juga Nasi!

Tempura menarik bukan hanya kerenyahannya setelah digoreng saja, tetapi karena Tempura dapat dinikmati dengan beragam cara. Ada banyak cara makan makanan Tempura, contohnya dimakan bersama Soba Jepang atau Udon, atau dinikmati di atas nasi dan diberi kecap manis sebagai Tendon. Setiap cara makan pasti memiliki rasa tersendiri, jadi cobalah menikmati bermacam rasa Tempura. Makanan Tempura ini dapat dinikmati di bermacam tempat dari restoran mewah sampai dengan kedai soba berdiri, jadi persiapkanlah sesuai dengan anggaran dan tema atau rasa yang ingin anda nikmati.

Perkembangan Penggunaan Makanan Tempura

Tendon
Tendon

Tendon

Tempura yang diletakan di atas nasi. Tempura yang diletakan di atas kotak nasi juga dikenal sebagai Tenju.

 

 

 

Tenzaru
Tenzaru

Tenzaru

Menu standard yang terbuat dari campuran Soba Dingin dan Tempura.

 

 

 

Tempura Soba
Tempura Soba

Tempura Soba

Tempura Soba yang lahir di Zaman Edo adalah Soba Hangat dengan Tempura di atasnya.

 

 

 

 

Ten Musubi
Ten Musubi

Ten Musubi

Ten Musubi (Ten Musu), adalah Nasi Kepal (Onigiri) yang berisi Tempura udang bumbu garam.

 

 

 

 

Sejarah Lahirnya Makanan Tempura

Makanan Tempura [Kinsei Shokunin Zukushi Emaki] (Bagian) Kuwagata Keisai tahun 1806 Dimiliki oleh Museum Nasional Tokyo Foto : TNM Image Archives ※Dilarang Menggunakan Tanpa Izin
[Kinsei Shokunin Zukushi Emaki] (Bagian) Kuwagata Keisai tahun 1806 Dimiliki oleh Museum Nasional Tokyo Foto : TNM Image Archives ※Dilarang Menggunakan Tanpa Izin

Sebenarnya adalah Masakan Jepang yang berasal dari Barat?

Asal usul kata Tempura sering dikenal berasal dari Bahasa Portugal atau juga dari Bahasa Spanyol. Pada zaman Nara – Heian di Jepang, ada makanan yang dibalut tepung lalu digoreng, tetapi itu adalah makanan yang menggunakan tepung beras untuk digoreng.

Pada abad ke 16 – 17, ada Fritter, makanan yang datang dari Barat, Fritter inilah yang diperkirakan kemudian berkembang menjadi bentuk Tempura di Jepang saat ini.

Tempura sebagai Makanan Rakyat zaman Edo.

Di zaman Edo, Tempura yang digoreng dengan tusuk sate di kedai dimakan oleh rakyat sebagai makanan ringan sambil berdiri.

Baca Juga :

Mulai Restoran Tradisional Sushi, Restoran Sushi Putar, sampai Toko Kelontong, Sushi dapat dinikmati dimana-mana!

 

Setelah bahan-bahan seperti ikan, kerang dan sayuran disiapkan, mereka dilapisi dengan campuran tepung, telur dan air yang kemudian digoreng. Bahan yang sering digunakan adalah ikan daging putih seperti udang tiger, belut, ikan gobi dan ikan sillagos (rejung), dan sayuran seperti terong, akar teratai, jamur dan tanaman liar yang dapat dimakan. “Kakiage,” yang menggabungkan beberapa bahan cincang, juga populer.

Selamat Mencoba ya…!

Referensi : menu-tokyo.jp , Image : Agrowindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *