Sering makan di restoran kan? Kalau iya, berarti familiar dengan profesi pelayan restoran ya. Mungkin banyak dari kita yang berpikir kalau profesi pegawai dapur tersebut mudah dijalankan. “Ah, tinggal catat, proses pesanan, bersihin meja, gampang lah!” Ini yang mungkin terlintas dalam benak kita.

Eits, jangan menggampangkan dulu deh. Kamu harus cobain jadi pelayan restoran sehari aja biar bisa lebih menghargai. Ternyata banyak hal yang bisa kamu teladani lho dari seorang pelayan restoran.

Biar bisa lebih bersimpati dengan profesi ini, simak nih 13 profesi Dapur yang kerjanya selalu di belakang alias dapurnya restoran yang bisa bermanfaat dan kamu teladani:

Tapi, siapa saja tokoh dibalik layar yang berperan hingga pesanan kamu sampai di meja? Berikut ulasan profesi-profesi yang ada di dapur sebuah restoran.

Executive Chef

Istilah lainnya adalah Chef De Cuisine atau kepala dapur. Dia adalah posisi teratas yang ada di dapur. Kepala dapur bukan (yang kamu bayangkan) memasak paling banyak. Namun dialah mengecek daftar pesanan barang ke gudang, mengetik menu dan mengatur dan mengawasi seluruh tugas-tugas kitchen, khususnya dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan termasuk membuat food cost standart.

Baca Juga : 3 Macam Ciri Khas Penyajian Makanan & Minuman di Restoran

The Second Chef

Sama, posisi ini juga punya istilah lain yaitu Sous-Chef. Dialah asisten langsung dari Chef De Cuisin / tangan kanan kepala dapur, sebagai wakil pengganti dari Executive Chef yang harus terjun langsung ke lapangan (operation) apabila dia sedang libur atau berhalangan untuk hadir.

Expenditer

Posisi ini opsional atau tidak harus ada, tugasnya kurang lebih sebagai penghubung antara para tamu di ruang makan (front of the house) dan para juru masak di dapur (back of the house), mengatur koordinasi dan timing dari setiap pesanan, memastikan tamu tidak menunggu lama untuk pesanannya.

Chef de Partie (CDP)

Dia dikenal juga sebagai Station Chef atau Line Cook. Dia bertanggung jawab untuk area tertentu di dapur seperti soup department, salad department,meat department, dsb.

Commi alias para asisten cook

Biasanya para pemula atau para trainee. Commi inilah yang melaksanakan tugas mempersiapkan dan mengolah bahan baku dasar. Nggak mungkin kan Executive Chef mengupas kentang sendiri?

Kitchen assistant

Posisi ini seperti Kitchen Hands yaitu yang membantu persiapan dan yang mencuci peralatan masak dan membersihkan dapur.

Kitchen Clerk

Bertugas mengerjakan semua pekerjaan administrasi kantor dapur yang ditugaskan oleh kepala dapur seperti membuat laporan harian & mengetik.

Barker

Orang yang menerima pesanan makanan dari pramusaji (waiter) kemudian meneriakkan ke department yang bersangkutan dengan makanan yang dipesan. Garnish, sauce dan lain sebagainya harus sampai ke tangan tamu dengan kualitas yang betul–betul dapat dipertanggungjawabkan.

Steward / Pelayan

Bertugas membersihkan semua area dapur, mengerjakan pekerjaan ringan dari kepala bagian, misalnya membersihkan sayur, mengupas kentang, bawang dan lain sebagainya, mencari dan atau mengirim bahan makanan kebagian lain di dapur seperti bagian grill ke restoran.

De partie

Artinya assistant atau pembantu, dalam hal ini adalah pembantu chef de partie yang bekerja hanya pada satu seksi, bekerja menyelesaikan tugas – tugas yang menjadi beban tugas sekali, dimana mereka berada. Perbedaan istilah ini hanya berhubungan dengan perbedaan penggolongan gaji dan sedikit sekali hubungannya dengan perbedaan tugas.

Superviser Cook

Pengawas masakan bertugas sebagai kepala bagian serta mengawasi jalannya proses pengadaan makanan.

Junior Cook

Tugasnya sebagai juru masak yang mengola makanan mentah menjadi makanan yang dapat disajikan.

Cook helper

Tugas mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan diolah.

Nah , udah tahu kan tugasnya mereka. Yuk marilah hargai apapun profesinya.

Begitu banyaknya posisi di dapur demi menghidangkan kamu menu spesial yang betul-betul memiliki standar mutu. Kelengkapan hirarki seperti diatas tergantung besar kecilnya restoran. Jadi saat kamu memasuki sebuah restoran besar terutama di hotel, kamu akan melihat betapa cantiknya makananmu dan bisa membayangkan bagaimana rentetan jabatan diatas dengan sangat baik menyusunnya.

Baca Juga : Tips buat Kamu dalam Menemukan Supplier Bahan Baku Restoran, Hotel maupun Usaha Cafe

Semoga Bermanfaat 🙂

 

Referensi : jobgoody.com

Promo Spesial April Glori Melamine 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Hello, Selamat Datang di Glorimelamine.com,
Ada yang bisa kami bantu ?
Yuk lanjut di chating aja biar cepat...
Powered by